Peluang Usaha Menguntungkan di Desa


Peluang Usaha Menguntungkan di Desa – Tak sedikit orang yang memiliki anggapan bahwa hidup di desa yang sangat jauh dengan pusat pemerintahan dan segala hiruk pikuk perkotaan, memiliki potensi yang buruk untuk dijadikan sebuah lokasi usaha. Hal tersebut seakan sudah lumrah dan menjadi satu keyakinan yang membuat semua pebisnis enggan untuk membangun usahanya di daerah pedesaan, mungkin kalian termasuk dalam salah satunya! Tapi kali ini penulis yakin, setelah kalian membaca artikel tentang Peluang Usaha di Desa yang menguntungkan ini, pikiran negatif kalian itu sekejap akan sirna.

Jika kita pikirkan baik-baik, sebenarnya membangun bisnis di desa ini justru lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan di Kota. Salah satu faktor yang paling jelas membuktikan statement tersebut adalah ketatnya persaingan bisnis di wilayah kota besar. Sedangkan jika kalian membuka usaha di desa dari segi persaingan pasar akan terlihat jauh lebih rendah, bahkan pada beberapa bidang bisa jadi bisnis anda akan berdiri sendiri tanpa ada satupun pesaing.

Namun, meskipun demikian bukan berarti semua bisnis cocok untuk dijalankan di wilayah pedesaan. Nah, poin inilah yang terkadang membuat para pebisnis harus berfikir ulang, untuk menemukan sebuah ide usaha yang cocok untuk dijalankan di desa. Beberapa contoh ide peluang usaha di desa ini mungkin dapat sedikit membantu kalian menemukan satu inspirasi yang tepat.

Ide Bisnis di Pedesaan

Contoh peluang usaha yang akan kita bahas di artikel ini adalah beberapa ide usaha di desa. Sekali lagi kami ingatkan, sebaiknya kalian membuang jauh-jauh anggapan bahwa membangun bisnis di desa adalah satu kebodohan dan hal yang konyol. Justru inilah peluang baik yang harus kalian manfaatkan untuk meraih cita-cita kesuksesan.

1. Peluang Usaha Peternakan

Berbeda dengan kota yang berjejal sesak, daerah pedesaan biasanya masih banyak terdapat lahan-lahan yang kososng dan belum terpakai. Lokasi ini termasuk sebuah spot yang strategis untuk kalian yang ingin membangun bisnis peternakan. Hewan-hewan ternak biasanya butuh suasana yang tenang, dan tidak terlalu ramai agar mudah di budidayakan. Kondisi mental hewan ternak bisa terganggu jika lingkungan disekitar mereka terlalu bising, hingga akhirnya akan mempengaruhi proses reproduksi si hewan. Contoh jenis usaha ternak yang cocok untuk kalian jalankan di wilayah pedesaan adalah,

·         Ternak Ayam Petelur/Pedaging

Ternak ayam adalah bisnis yang sudah terbukti menjanjikan. Banyak pengusaha-pengusaha besar yang telah berhasil mencapai kesuksesannya di bidang bisnis dengan membangun usaha peternakan ayam potong atau ayam petelur.

Beternak ayam potong memerlukan lahan yang cukup luas untuk dijadikan sebagai lokasi kandang. Tak hanya itu saja, kandang ayam juga sebaiknya di bangun di daerah yang agak jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini agar tidak menimbulkan gangguan bagi masyarakat  sekitar, terutama bau kotoran dan lalat yang biasanya akan banyak mengerubungi kandang si ayam. Jika di daerah kota, tentu kalian akan sangat kesulitan mencari lahan untuk dijadikan titik lokasi kandang ayam, sedangkan di pedesaaan kalian akan lebih mudah menemukannya karena disana masih banyak lahan-lahan yang kososng dan bisa dimanfaatkan.

·         Ternak Burung

Trend usaha ternak burung juga menjadi lirikan banyak pengusaha saat ini. Bukan hanya dari kemudahannnya saja. Beternak burung nyatanya adalah sebuah bisnis yang bisa dijalankan dengan  modal yang kecil namun keutungannya besar.

Untuk membangun bisnis penangkaran burung, sebenarnya kita tak membutuhkan lahan yang luas. Namun meskipun demikian, suasana perkotaan yang penuh hiruk pikuk sangat tidak cocok dengan kebiasaan hidup burung. Jika suasana lingkunan sekitar kandang terlalu ramai, burung bisa stress. Nah, meskipun perawatannya baik, kandang bersih, tapi jika kesehatan mental burung tidak dijaga, pasti bisnis ternak burung kalian juga tidak akan dapat berjalan lancar.

·         Budidaya Ikan Lele, Gurame, dll

Di kota, mencari tanah untuk bangun rumah tempat tinggal saja susahnya minta ampun, apalagi untuk bikin kolam!? Nah, maka dari itu, jika kalian ingin bisnis budidaya ikan lele, dll ini langkah baiknya jika memilih lokasi di desa. Tak masalah jika harus pulang kampung, jika memang di kampung kalian bisa menjadi bos kenapa harus pergi ke kota untuk jadi karyawan?

Bisnis budidaya ikan lele, merupakan salah satu binsis ternak yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, tergantung umur dan seberapa banyak bibit ikan lele yang anda butuhkan. Untuk 1 ekor bibit yang sudah siap di kolamkan biasanya berkisar harga 70 – 300 perak. Minimal agar hasil bisa maksimal kalian harus membeli setidaknya 5000 bibit lele untuk ukuran kolam 3 x 4 meter.

·         Ternak Kambing

Pulang ke kampung, membeli beberapa ekor kambing, lalu merawatnya dengan baik. Setelah kambing besar dan jadi banyak, pergi lagi ke kota untuk jualan kambing saat hari raya kurban, atau untuk setor daging kambing ke restoran-restoran. Inilah bisnis yang sebenarnya! Tak perlu menunggu gaji kalian naik, tak perlu jabatan kalian naik, dengan pulang ke desa dan beternak kambing kalian bisa langsung jadi bos/juragan untuk kambing-kambing serta beberapa karyawan kalian.

Bisnis kambing ini juga termasuk investasi yang menjanjikan. Harga kambing yang cenderung stabil, bahkan naik di waktu-waktu tertentu akan menjadi sebuah peluang besar bagi kalian untuk bisa mendapatkan keuntungan yang juga besar.

Sayangnya, bisnis ini hanya akan bisa kalian jalankan di desa saja. Selain membutuhkan lahan untuk kandang yang cukup luas, ketersediaan pakan untuk si hewan ternak jhuga akan sulit kalian dapatkan di kota. Memang pakan kambing hanya rumput, tapi jika di wilayah kota kemana kalian akan cari rumput? Yang ada hanya aspal dan paving jalan.

·         Ternak Bebek

Hampir sama dengan ternak ayam, bebek juga menjadi salah satu hewan ternak yang akan sangat menguntungkan bisa diberdayakan. Produk dari ternak bebek ini bisa berupa daging juga telur, keduanya sama-sama bisa dijual dan sama-sama sangat menjanjikan. Contohnya, untuk 1 buah telur bebek saja, dari peternak biasanya bisa menjual 2000-3500 perbutirnya kepada para tengkulak.

Begitu juga dengan daging bebek. Bebek merupakan salah satu hewan konsumsi favorit masyarakat. Kita bisa menjual bebek ternak kita yang sudah siap konsumsi dengan menyetorkannya kepada para penjual bebek goreng/bebek bakar.

2. Peluang Usaha Pertanian/Perkebunan

Masyarakat di pedasaan juga terkenal dengan sebutan pahlawan pangan. Ketersediaan papan yang luas dan subur inilah yang menjadi satu faktor mengapa desa cocok untuk dijadikan lokasi usaha perkebunan atau pertanian.

·         Perkebunan Cabai

 Kebun cabai adalah satu ide yang mungkin sangat cocok kalian pilih. Modal untuk bercocok tanam cabai pun tak setinggi tanaman kebun lainnya. Agar usaha yang kalian jalankan berjalan lancar alangkah baiknya jika kalian meminta saran atau pendapat kepada kawan yang telah berpengalaman di bidang tersebut.

Masalah pasar kalian tak perlu khawatir. Cabai adalah satu bahan pelengkap masakan yang sangat penting, terutama bagi masyarakat Indonesia. Cabai seakan sudah melekat di lidah para penduduk tanah air.

Keuntungan menanam cabai? Jangan tanya lagi masalah ini. Cabai adalah salah satu hasil perkebunan yang harganya termasuk stabil. Adapun penurunan harga, tak lama kemudian pasti sudah normal kembali.

·         Kebun Bunga

Kalian tinggal di desa apalagi di daerah pegunungan, tentu akan sangat menyenangkan jika disana kalian membuka lahan untuk dijadikan kebun bunga. Produk dari kebun bunga selain bisa langsung dijual di tengkulak atau pengecer, kebun bunga kalian bahkan juga bisa kalian jadikan sebagai taman wisata lo!

Di daerah-daerah kini sudah mulai banyak bermunculan ekowisata berupa taman bunga, yang dikelola dengan cukup baik hingga menarik minat para pelancong untuk mengunjunginya.

3. Usaha Kuliner

Dimanapun tempatnya, baik di kota maupun di desa, tempat penjual makanan tak akan pernah sepi pengunjung. Hal ini bahkan telah dibuktikan dengan adanya satu penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 yang lalu. Dalam penelitian yang diambil dari beberapa sumber pemberitaan tersebut, bisa dilihat bahwa pada kuartal kedua tahun 2016, pertumbuhan pesat mencapai angka 8% di bidang ekonomi terjadi pada industri kuliner.

Bisnis kuliner adalah satu bisnis yang tak akan pernah bisa padam, mengingat kebutuhan manusia yang sangat penting adalah kebutuhan pangan.Maka selama pertumbuhan pendudukan terus berjalan, usaha kuliner juga akan terus dibutuhkan.

Usaha kuliner merupakan usaha yang tepat untuk dijalankan di semua wilayah adalah karena varian jenis makanan yang beraneka ragam. Budaya kuliner di Indonesia memang terkenal sangat kaya, berbanding lurus dengan keaneka ragaman suku dan budaya masyarakat yang sangat banyak dan tumbuh subur di Indonesia.

Karena varian jenis kuliner yang banyak inilah kita bisa dengan mudah meenemukan type makanan yang akan dijual, yang mana bisa disesuaikan dengan lokasi tempat kalian membuka usaha. Beberapa contoh bisnis kuliner yang cocok utnuk dijalankan di wilayah pedesaan adalah, seperti:

·         Warung Nasi Pecel

Di kalangan masyarakat jawa, nasi pecel bukanlah menu masakan yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, nasi pecel seakan menu wajib untuk sarapan di pagi hari. Kebanyakan nasi pecel berkembang pesat di wilayah Jawa timurdan sebagian jawa tengah.

Bisnis ini juga termasuk salah satu yang sangat menguntungkan. Katakanlah, kita hanya membutuhkan modal kurang dari 100ribu rupiah untuk membeli bahan sambel, Nasi putih 5kg, sayur urap (kulupan). Sedangkan harga jualnya paling murah berkisar 3ribu-5ribu rupiah per bungkus. Jika dengan modal senilai itu kita sudah bisa membuat 50 bungkus nasi pecel seharga 5000. Maka penghaslilan kotor kita sudah 250ribu dengan modal yang hanya 100ribu. Untung bukan?

·         Warung Kopi

Bagi penduduk Indonesia kebanyakan, kopi adalah minuma wajib yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan banyak diantara kita ketika bangun tidur pagi, pasti akan memilih meminum kopi dahulu ketimbang makan. Meskipun sebenarnya itu adalah kebiasaan buruk, tapi kenyataannya itulah yang terjadi.

Kopi adalah minuman rakyat yang mampu menmbus pasar usia berapapun. Tak peduli tua dan muda, laki-laki atau perempuan, kopi selalu jadi minuman paling favorit.

4. Peluang Usaha Counter Isi Ulang Pulsa

Bukan hanya orang kota saja yang akrab dengan yang teknologi smartphone, orang-orang di desa pun tak mau ketinggalan dalam hal teknologi. Kebanyak, seluruh penduduk sekarang pasti sudah memiliki dan memakai perangkat ponsel semuanya.

Dengan banyaknya para pengguna ponsel, tentu peluangmu para penjual pulsa pun juga akan terus meningkat. Meskipun notabene keuntungan dari jualan pulsa hanya sedikit, tapi jika yang beli banyak tentu hasilnya juga akan banyak.

Yang perlu diperhatikan adalah, pilihklah agen yang benar benar dipercaya, agen pulsa yang sistemnya terbukti sangat jarang ada gangguan, dan agen pulsa yang mudah untuk dihubungi, agar ketika ada masalah kita bisa langsung mengkomunikasikannya kepada CS/agen pulsa tersebut.

5. Usaha Potong Rambut

Usaha dengan produk jasa adalah bisnis yang paling menguntungkan dibanding dengan bisanis lainnya. Pada bidang bisnis jasa kita hanya menjual tenaga, pikiran serta ketrampilan yang kita miliki. Ketrampilan bukanlah satu produk yang bisa habis meskipun telah dibeli beberapa kali. Salah satunya adalah potong rambut.

Jika kalian punya keahlian satu ini, untuk mencari uang setiap harinya kalian sudah tak perlu bingung lagi! Tinggal siapkan sedikit modal untuk membeli alat penunjang, lalu buka lokasi usaha dirumah kalian. Jika memang hasil karya kalian bagus, tentu akan banyak langganan yang datang ke salon milik kalian. Harga jasa salon potong rambut pria aat ini berkisar harga 10.000 hingga 20.000, jika sehari ada 10 kepala saja yang meminta jasa anda maka paling tidak uang 100ribu sudah bisa masuk ke kantong.

6. Bisnis Online

Bisnis satu ini sangat cocok untuk dijalankan oleh para generasi millenial. Jenis bisnis yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama ada jaringan internet ini terbukti sangat menghasilkan. Inilah salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang kita alami saat ini. Satu kesalahan yang sangat fatal jika kalian tidak mau belajar atau bahkan alergi mendenganr kata binis online.

Bisnis online bisa menjadi satu usaha yang mandiri, bisa juga digunakan untuk pelengkap atau penunjang bisnis yang telah kita jalankan sebelumnya secara online. Seperti contohnya kalian berjualan terlur ayam atau terlur bebek dari hasil ternak kalian sendiri, jika setiap harinya di pasar kalian hanya bisa menjual 100 butir misalnya, dengan mempromosikannya di internet atau secara online kalian bahkan bisa menjual 10 kali lipat dari jumlah yang bisa kalian jual dengan cara offline.

Selain itu masih banyak lagi contoh bisnis online yang menjanjikan dan bisa kalian coba, baik sebagai usaha sampingan maupun sebagai bisnis utama kalian. Beberapa diantaranya adalah seperti jika kalian memiliki keahlian menulis artikel. Dengan keahlian tersebut kalian bisa mendapatkan penghasilan dari membuka jasa penulisan artikel untuk para pemilik website atau blog. Bisa juga kalian membangun blog sendiri, yang nantinya jika sudah banyak visitor blog bisa dipasangi iklan dari penyedia iklan seperti Google adsense. Menarik bukan?

Nah, menurut kalian bisnis mana yang kira-kira paling cocok untuk passion kalian dan mudah untuk dijalankan di daerah pedesaan? Jika mungkin kalian punya pendapat lain berkaitan dengan jenis peluang usaha di desa yang menguntungkan, jangan sungkan-sungkan untuk berbagai dengan para sobat pembaca lainnya, ya! Ilmu tidak akan pernah habis jika disedekahkan. Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar di bawah postingan artikel kali ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Salam Sukses !





Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.