Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga


Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga – Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pekerjaan yang mulia, merawat anak, melayani suami, dan mengatur seluruh kondisi baik dan buruknya rumah tangga. Namun terkadang rasa bosan menghinggapi para ibu-ibu. Mereka merasa perlu mencari satu kegiatan baru agar dapat keluar dari kejenuhan. Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis untuk ibu rumah tangga, yang bisa mereka kerjakan tanpa mengganggu kewajiban mereka sebagai seorang istri dan ibu untuk anak-anaknya.

Ibu rumah tangga yang menjalankan binisnya sendiri akan merasa memiliki nilai plus. Karena selain bisa mengurusi segala pekerjaan rumah, mereka juga bisa membantu sang suami untuk mencari tambahan penghasilan. Bahkan dengan membuka usaha sendiri dirumah, mereka juga bisa membantu ibu-ibu lain di sekitar rumah untuk dijadikan sebagai tenaga kerja, yang otomatis juga membuka kesempatan untuk orang lain menjemput rejeki.

Nah, jika kalian termasuk para ibu-ibu, baik yang muda maupun yang sudah sedikit tidak muda lagi. Bebebrapa contoh peluang bisnis untuk ibu rumah tangga ini mungkin bisa menjadi sedikit pertimbangan untuk kalian yang sedang mencari ide usaha.

Ide Peluang Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Jangan takut untuk memulai bisnis rumahan ini, apalagi karena terlalu memikirkan besarnya modal. Daftar ide usaha rumahan yang akan kami bagikan di artikel ini termasuk peluang usaha dengan modal kecil yang tentu tak akan membuat suami kalian cemberut karena harus mengeluarkan banyak isi dompet, untuk memodali usaha yang akan kalian tekuni.

Yuk, ssimak selengkapnya di list berikut ini!

1. Buka Warung Makan

Ibu-ibu mana yang tak hobi masak? Memasak bagi para kaum hawa adalah sebuah hobi layaknya pria yang sangat tergila-gila dengan sepak  bola atau moto gp. Hobi ini juga bisa kalian manfaatkan untuk menjadi satu bisnis yang menjanjikan. Diamanapun tempatnya, baik di desa maupun di kota, warung makan adalah tempat yang paling banyak dicari oleh setiap orang.

Membuka warung makan di rumah tidak membutuhkan modal banyak, bahkan bisa dikatakan juga tanpa modal. Kita hanya perlu memindah peralatan memasak dari dapur ke lapak jualan yang mungkin berada di teras atau halaman rumah. Sedangkan kelengkapan lain seperti minuman sachet, kopi, dll adalah modal yang tentu sangat terjangkau.

Kalau masakan kalian enak, apalagi dengan pelayanan yang ramah terhadap para pembeli, sudah bisa dipastikan warung makan yang kalian buka akan ramai didatangi pengunjung. Penikmat warung biasanya tak hanya makan saja, bahkan ketika perut masih kenyang pun mereka akan tetap melangkahkan kakinya menuju ke warung walaupun hanya untuk sekedar minum kopi atau es.

2. Wakop Wifi

Kopi, satu minuman yang mungkin sudah tak bisa lagi dipisahkan dengan kehidupan masyarakat di Indonesia, baik yang tua maupun yang muda. Minum kopi sudah menjadi rutinitas, bahkan ketika baru saja bangun tidur di pagi hari, badan seperti akan terasa lemas jika belum mendapat asupan kopi.

Mereka inilah target pasar yang akan sangat loyal dan setia mengunjungi warkop kalian. Apalagi jika di warkop tersebut kalian melengkapinya dengan pemasangan akses wifi. Wah, sudah pasti warung kopi milik kalian akan jadi tempat rujukan para pecinta kopi dkk untuk nongkrong dan bersantai-santai dengan hp + internet.

Modal untuk membuka usaha warung kopi memang tak banyak, namun yang akan sedikit terasa muungkin adalah biaya untuk pemasangan akses wifi. Maka dari itu, akan lebih baik jika sebelumnya kalian lihat dulu, bagaimana kondisi daerah kalian. Kalau dirasa menguntungkan ya, jalani sja! Toh gak akan ada ruginya.

Kalian juga akan tetap bisa menjalankan kewajiban sebagi ibu rumah tangga, karena usaha warung kopi yang kalian jalankan pastinya juga masih berada disekitar tempat tinggal yang sewaktu-waktu bisa kalian sambi untuk mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

3. Membuat Produk Kerajinan Tangan

Termasuk didalamnya adalah kalian para ibu yang hobi jahit menjahit. Hobi ini bisa kalian manfaatkan lho, bu! Membuat kerajinan tangan seperti tas, pernak-pernik lucu, baju anak, jilbab, kebanyak, dll. Barang-barang hasil karya kalian tadi akan dapat bernilai jika ditekuni dengan serius. Sudah banyak conothnya, para ibu rumah tangga yang bahkan berhasil membangun bisnis denga produk-prosuknya yang telah didistribusikan hingga ke luar negeri.

4. Produksi Kue/Roti

Kembali ke hobi masak-memasak. Ibu-ibu jangan khawatir kehabisan ide usaha, karena sebenarnya peluang para ibu untuk mendapatkan income sendiri bisa dikatakan lebih besar jika dibandingkan dengan laki-laki. Salah satunya adalah dengan membuka usaha produksi kue, roti, atau jajanan lainnya.

Kalian sudah sangat terbiasa dengan adonan tepung, telur, maizena, dan sejenisnya, bukan? Nah bahan-bahan tersebut bisa kalian manfaatkan untuk membangun sebuah usaha skala kecil dengan potensi berkembang yang sangat besar. Daripada setiap membuat roti hanya kalian habiskan sendiri bersama keluarga, cobalah untuk membuat lebih banyak, selain dinikmati dengan keluarga berikan roti buatan kalian ke kerabat, tetangga, atau mungkin teman-teman kantor suami. Inilah trik marketing yang sangat terbukti ampuh. Trik ini yang dulu dipakai oleh para produsen roti rumahan yang kini sudah menjadi pabrik kue besar.

Dari beberapa orang yang diberi kue itu, pasti suatu saat akan mengadakan pesta atau sebuah acara yang membutuhkan kue-kue untuk disuguhkan para tamunya. Nah, jika mereka telah cocok dengan rasa roti buatan kalian yang enak, tentu kemungkinan besar saat mereka mengadakan pesta akan memesan jajanan suguhan pada kalian. Belum lagi jika si kerabat tadi memberitahukan ke teman-temannya dan merekomendasikan roti produksi kalian.

5. Katering

Hampir sama seperti bisnis kue, target konsumen untuk bisnis ini adalah orang-orang yang sedang megadakan sebuah acara atau perayaan pesta. Kebanyakan orang sekarang tentu tak mau lagi repot memasak, mereka lebih memilih memakai jasa katering. Ini satu kesempatan peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang hobi memasak.

Bisnis ini terbilang sangat menjanjikan, apalagi jika kalian sudah memiliki banyak pelanggan. Dari segi waktu juga tak terlalu menyibukkan, apalagi jika kalian memanfaatkan tenaga kerja dari para tetangga yang mungkin memiliki banyak waktu nganggur.

Kalian juga tak perlu membangun tempat usaha sendiri seperti warung dengan perabotnya. Pekerjaan ini cukup dilakukan dari dapur rumah kalian saja. Penyajian pun sangat praktis, karena hanya butuh ktoak makanan sebagai tempat sajinya.

6. Jasa Laundry

Bisnis satu ini cocok untuk kalian yang memiliki tempat tinggal di daerah perkotaan atau yang dekat dengan kantor dan kos-kosan. Di lokasi ini biasanya banyak orang-orang yang memiliki banyak kesibukan, hingga tak ada waktu untuk membereskan pekerjaan rumahnya seperti mencuci pakaian.

Tak perlu keahlian khusus untuk membuka jasa laundry. Hanya saja kalian perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti mesin cuci, setrika, dan parfum. Harga dan ketersediaan alat yang disebutkan tadi juga terjangkau bagi isi dompet semua kalangan.

Bisnis ini mungkin bisa jadi bisnis menguntungkan yang boleh kalian coba. Dengan promo yang gencar serta menarik, tentu banyak para konsumen yang akan datang dan membeli jasa kalian.

7. Jasa Jahit

Seperti yang sebelumnya sedikit kita ulas, menjahit adalah salah satu hobi dan ketrampilan yang menjanjikan. Jasa seorang penjahit juga merupakan jasa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Kalian hanya butuh membeli mesin jahit baik baru maupun bekas, yang penitng masih bisa digunakan.

Kalau masa tahun ajaran baru tiba, jasa para penjahit ini pasti jadi buruan para orang tua yang meminta agar dibuatkan seragam untuk anak-anaknya yang sekolah.

8. Rental PS

Playstation dari dulu hingga sekarang, menjadi satu permainan favorit anak-anak. Membuka jasa rental playstation, cocok bagi ibu-ibu yang tinggal sendirian dirumah ketika suami pergi kerja mencari nafkah. Sembari menjaga rumah dan mengurus anak, dengan membuka jasa rental PS suasana rumah tak akan sepi dan menjadi lebih aman, karena selalu penuh dengan anak-anak yang bermain PS. Selain itu, uang tambahan pun mengalir seiring banyaknya yang datang menyewa playstation.

9. Buka Les/Bimbingan Belajar Siswa

Kalian ibu-ibu yang memiliki kelebihan di bidang pendidikan? Tak ada salahnya untuk membuka jasa les-lesan atau bimbingan belajar di rumah. Berawal dari mengajari anak sendiri dan anak tetangga, bisnis jasa yang kalian tekuni inilama kelamaan juga akan berkembang. Tak perlu mengeluarkan banyak modal, hanya modal keahlian kalian di bidang pendidikan tertentu saja, kalian sudah bisa mengawali jasa ini.

10. Jualan Pulsa

Di zaman sekarang ini HP seakan tak pernah lepas dari tangan kita, kebutuhan akan lancarnya komunikasilah yangmembuat peran HP kini menjadi sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Ketergantungan akan HP juga berdampak kepada permintaan ketersedian saldo pulsa dari para pengguna kepada penjual yang mengalami peningkatan. Ini bisa kalian jadikan sebagai peluang yang patit untuk dicoba.

Membuka bisnis isi ulang pulsa all operator tak membutuhkan banyak modal yang harus dikeluarkan. Bahkan sekarang ini juga sudah semakin banyak para agen yang memperbolehkan para membernya melakukan deposit pulsa dengan minimal saldo yang sangat kecil.

Jualan pulsa juga merupakan pekerjaan yang tak merepotkan, bahkan bisa kalian lakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya. Sambil menyuapi anak, menggendong anak, atau sambil nonton tv, kalian juga tetap bisa berjualan pulsa.

11. Menjadi Penulis Artikel

Nah, untuk kalian para  ibu-ibu yang hobi membaca dan menulis, kalia juga bisa memanfaatkan hobi kalian ini menjadi satu ladang uang yang menjanjikan lho! Salah satunya adalah dengan menjadi seorang penulis artikel, baik artikel untuk blog, buku, koran, dll.

Salah satu peluan usaha untuk ibu rumah tangga satu ini juga termasuk banyak menguntungkan, bagaimana tidak! Kalian tak perlu mengeluarkan modal uang sedikitp[un. Hanya berbekal kemampuan merangkai kata, dan pengetahuan akan berbagai informasi, kalian sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Untuk artikel blog, kini juga sudah sangat banyak beterbaran di internet situs-situs yang membuka kesempatan bagi para kontributor untuk mengirimkan artikel karyanya dan mereka akan memberikan imbalan uang setiap artikel yang lolos dan diterbitkan. Dari beberapa situs tersebut adalah JalnTikus.com, aplikasi BaBe, Ucnews Media, dll.

Selain menulis di website tersebut, kalian juga bisa membuka jasa penulisan artikel untuk blog orang lain. Salah satunya dengan melakuka promosi di Facebook, karena facebook sendiri jugamerupakan tempat berkumpulnya para blogger dan pemilik web yang banya diantara mereka membutuhkan jasa penulis artikel untuk mengisi konten di blognya.

12. Bisnis Jualan Online

Bisnis jualan online ini juga termasuk yang paling banyak diminati oleh para kaum hawa. Mereka biasanya membangun bisnis ini dengan berjualan di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Tak sedikit pula yang juga berjualan langsung di akun facebook pribadi mereka.

Salah satu favorit para wanita adalah menjalankan bisnis jualan online dengan metode reseller atau dropshipper. Dua metode jualan online ini dianggap yang paling mudah dijalankan. Karena selain tak perlu repot menyiapkan tempat jualan, kalian juga tak perlu menyiapkan modal untuk memulainya.

Cara memulai bisnis jualan online dropship dan reseller ini adalah dengan membuat kerjasama dengan para penyedia atau suplier produk. Lalu, yang kita lakukan adalah mempromosikan produk dari supplier tersebut. Baru jika ada pembeli yang telah mentransfer uang kepada kalian, uang lalu kalian teruskan ke supplier dengan harga yang telah di markup lebih tinggi untuk mengambil keuntungan. Mudah bukan?

13. Jadi Youtuber

Ibu-ibu yang hobi masak, hobi mack up atau apapun itu, manfaatkan hobi kalian tersebut untuk dijadikan ladang penghasilan melalui internet. Buat video yang menarik, lalu unggah ke situs sosial media video, youtube. Jika channel youtube sudah berkembang, aktifkan fitur monetisasi untuk menampilkan iklan pada video. Dengan demikian, setiap ada orang yang melihat video dan mengklik iklan kalian akan dapat penghasilan.

Usaha ini memang tidak akan langsung kalian lihat hasilnya, perlu konsistensi dan ketekunan yang tinggi untuk menjalankan binsis internet satu ini. Jika channel sudah berkembang, bahkan tak hanya uang yang akan kalian dapatkan, karena bisa jadi nama kalian juga akan terkenal seiring dengan banyaknya pelanggan video kalian.

14. Jadi Blogger

Peluang usaha internet selanjutnya adalah menjadi seorang blogger. Cocok untuk ibu-ibu yang punya hobii nulis. Penghasilan dari menjadi blogger sama dengan penghasilan yang kalian dapat dari yotube, yakni dengan menampilkan iklan dari google adsense ke dalam setiap postingan di blog. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog kalian dan melihat atau bahkan mengklik iklan maka semakin banyak pula penghsilan yang kalian dapatkan.

Bisnis ini sama sekali tak akan mengganggu pekerjaan kalian dirumah. Suami pun akan senang, karena kalian bisa bekerja tanpa meninggalkan kewajiban ibu rumah tangga yang semestinya harus dijalankan.

15. Salon

Nah, kalau yang ini mungkin kalian sudah banyak yang tau. Bisnis salon adalah favorit para ibu-ibu saat ini. Selai keuntungan yang menjanjikan, hobi bersolek menjadi salah satu alasan kenapa para kaum hawa memilih jenis usaha satu ini untuk ditekuni sebagai bisnis sampingan yang bisa dikerjakan oleh seorang ibu rumah tangga.

Jasa dari sebuah bisnis salon kecantiknan ini terbilang beragam, mulai dari potong rambut, perawatan kulit, makeup, hingga paket rias pengantin. Namun demikian, modal yang harus disiapkan juga beragam, sesuai bidang mana yang akan kalian tekuni. Salon potong rambut tentu membutuhkan modal yang kecil, tidak sebesar jasa salon rias pengantin.

Nah, ibu-ibu yang cantik! Sekarang setelah kalian baca daftar 15 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga diatas, kira-kira mana nih! Yang sesuai dengan hobi atau keahlian kalian? kalau sudah nemu, jangan lama-lama, langsung eksekusi saja!


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.