6 Bisnis Anak Muda Modal Kecil


Bisnis Anak Muda Modal Kecil – 


Di jaman yang serba seluit seperti saat ini, memiliki ijazah saja sepertinya sudah tak cukup utnuk jadi jembatan meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan kesempatan kerja yang perbandingannya terlalu kecil jika dibandingkan dengan jumlah kuota para pencari kerja yang kian hari semakin mengalami peningktan. Bahkan tak jarang kita temui, kawan-kawan kita yang berhasil meraih gelar sarjana, namun kenyataannya mereka gagal dalam persaingan mencari kerja. Maka dari itulah, sepertinya membuka lapangan kerja sendiri harus segera kita pikirkan. Dengan usia yang masih muda, langkah kaki yang masih tegap serta berbekal keyakinan, tentu kita akan dapat meraih asa tanpa harus menjadi karyawan orang lain. 


Jika kita mau berpikir keras dan memutar otak, sebenarnya di sekitar kita banyak sekali peluang usaha untuk anak muda bahkan dengan modal yang kecil namun keuntungannya cukup menjanjikan. Inilah yang sebenarnya mulai dari sekarang harus kita pikirkan baik-baik. Jangan merasa sayang terhadap selembar ijazah yang telah lama kita perjuangkan, jika nyatanya itu tak bisa menjadi sandaran pasti bagi kehidupan kita kelak. 

Di sekitar kita bahkan telah banyak para anak muda lainnya yang berhasil mengembangkan bakatnya menjadi satu hal yang menghasilkan uang. Contohlah mereka, karena jika tidak dimulai dari sekarang pasti kita akan tambah jauh tertinggal dengan yang lain. 

Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh ahli ekonomi dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia, dari total keseluruhan usia produktif yang ada di negeri ini hanya berkisar 2% saja yang jadi pengusaha. Inilah yang membuat mengapa Indonesia jauh dibelakang negara-negara lainnya. Jika setidaknya ada 8% saja dari penduduk Indonesia yang mau berkecimbung di dunia bisnis dan usaha, su8dah dapat dipastikan kemajuan ekonomi di tanah air akan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Hingga akhirnya dapat menyusul ketertinggalannya dengan bangsa-bangsa lain.

Peluang Usaha untuk Anak Muda

Mengapa pemuda sangat berperan penting dalam hal ini? Seperti yang kita tahu, bahwa usia muda adalah usia dimana manusia berada pada usia yang produktif. Pikiran mereka masih jernih untuk dapat menemukan konsep-konsep dan peluang baru di bidang usaha. Selain itu usia muda merupakan masa dimana manusia masih cekatan. Tentu kita masih ingat kata-kata dari bapak pendiri bangsa Ir. Soekarno dalam prnggalan pidatonya, beliau berkata,”Beri aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia.” Dari kata-kata diatas, sudah sangat jelas tergambar begitu besarnya harapan pada pendiri bangsa Indonesia kepada para pemuda.

Maka dari itu, stop buat surat lamaran kerja, mari kita bicara peluang usaha anak muda untuk merubah citra Indonesia. Berikut ini adalah ide usaha untuk kalian kawan-kawan pemuda.

Ide Usaha Anak Muda Modal Kecil

Kenapa harus modal kecil? Untuk memulai satu usaha dan membawanya hingga ke punca sukses sebenarnya bukanlah modal besar yang utama, melainkan keyakinan dan kemantapan hati kita dalam menjalankan usaha tersebut. Nah, maka dari itu jangan dulu berfikir soal modal yang besar mari kita awali dari yang kecil.

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner mencakup kebutuhan makan dan minum. Sebagai seorang manusia tentu makanan dan minuman adalah satu hal yang pasti sudah tak bisa lagi dipisahkan. Manusia tak akan bisa hidup tanpa makanan, begitu pula dengan minuman. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha di bidang kuliner yang mungkin cocok untuk kalian jalankan.

Bisnis Angkringan

Jangan kira bisnis angkringan adalah satu jenis bisnis yang kampungan. Angkringan justru berpeluang besar bisa menjadi besar. Kebiasaan orang Indonesia adalah suka ap[apun yang harganya murah, begitupun juga dengan memilih menu makanan. Meskipun dagangan yang kalian sajikan di warung angkringan kalian hanya berupa nasi bungkus, jajanan, dan gorengan, jika ketersediaan lengkap dan harganya murah pasti para pelanggan akan membanjiri usaha kalian.

Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan oleh para anak muda seperti kita yang ingin memulai satu usaha dengan modal yang tidak besar. Kalian bisa mencoba menawarkan ide usaha ini kepada teman-teman yang sependapat dan mau diajak join, dengan begitu modal yang dikeluarkan pun juga akan semakin ringan. Untuk makanan pengisi warung angkringan, kalian juga bisa bekerja sama dengan tetangga yang hobi memasak, mintalah mereka untuk membuat makanan yang nantinya bisa dititipkan di lapak kalian. Kalian akan mendapatkan keuntungan dari dagangan titipan tersebut dengan cara bagi hasil. 

Bisnis Warung Kopi + Wifi

Anak muda mana sih yang gak suka nongkrong sambil ngopi bersama kawan-kawan? Saya kira ini adalah kebiasaan yang dilakukan bahkan oleh hampir semua anak muda. Setiap malam mereka akan berkumpul dengan kawan-kawan sepermainannya, dan tempat nongkrong yang paling jadi favorit adalah warung kopi. Apalagi jika di warung kopi tersebut disediakan fasilitas wifi gratis, nah pasti mereka akan betah dan terus datang setiap harinya.

Modal yang kalian butuhkan tak seberapa besar untuk bisnis ini. Sedangkan yang paling penting dipersiapkan hanyalah tempat saja, jika kalian sudah memiliki tempat yang strategis tentu usaha bisnis warung wifi ini akan sangat mudah dijalankan. Banyakkan saja, jika setiap harinya ada 50 orang yang mampir ke warung kalian, dan masing masing hanya menghabiskan 5000 rupiah saja. Maka omset kotor kalian perhari bisa 250ribu, hasil bersih yang kalian dapatkan mungkin bisa mencapai 100ribu hingga 150ribu rupiah. Kalau satu bulan tentu sudah setara dengan gaji pegawai negeri golongan 3.

Stand Minuman

Yang kalian butuhkan hanya satu buah gerobak dengan banner yang didesain semenarik mungkin. Lalu cari tempat-tempat yang dekat dengan keramaian, buka lapak disitu. Berbagai macam jenis minuman bisa kalian jual, contohnya seperti jus buah, minuman sachet, atau jenis minuman-minuman lainnya.

Modal yang harus kalian keluarkan kurang lebih hanya berkisar 1-2 juta rupiah saja. Tapi omset perhari yang kalian hasilkan bisa mencapai hingga ratusan ribu rupiah setiap harinya. Dalam jangka waktu yang hanya satu bulan saja pasti modal yang kalian keluarkan untuk mengawali binis tersebut sudah bisa kembali lagi. 

Minuman adalah salah satu produk kuliner yang potensi penjualannya termasuk sangat bagus. Target konsumen kalian adalah orang-orang yang ingin beristirahat saat melakukan perjalanan. Jika lapak kalian berada di tempat-tempat yang dekat dengan obyek wisata maka target konsumen juga akan menjadi semakin luas, sehingga potensi meraih keuntungan besar juga bisa dengan mudah kalian dapatkan.

Jualan Kue

Kalian hobi membuat kue? Jadikan hobi kalian ini bukan hanya untuk mengisi waktu luang saja. Buatlah satu resep kue yang enak dan menarik. Lalu coba tawarkan ke kawan-kawan kalian, baik teman sekolah, teman kuliah, atau kerabat-kerabat lainnya. Mungkin untuk awal kalian bisa memberikannya secara Cuma-Cuma. Mintalah pendapat mereka kurang apa kue buatan kalian tersebut. Jhika dirasa sudah layak jual, segera buat promosi.

Kalian bisa mencoba menawarkan kue buatan kalian dengancara menitipkannya di toko-toko atau warung-warung di dekat rumah kalian. Apalagi sekarang ada sosial media yang juga bisa dimanfaatkan untuk menyebar promosui kepada banyak orang demi menjaring konsumen.

2. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Kalian memiliki tingkat pendidikan dan keahlian khusus di bidang edukasi? Pernahkah ada pikiran untuk menularkan kemampuan dan ilmu kalian kepada anak-anak pelajar? Nah, ini juga bisa menjadi peluang bagus untuk kalian lho! Cobalah menawarkan jasa kursus atau bimbingan belajar untuk anak-anak di sekitar rumah kalian.

Jika kualitas mengajar kalian memang telah terbukti bagus, maka secara otomatis murid-murid di tempat bimbingan belajar kalian juga akan semakin bertambah banyak. Kalian bisa mendapatkan penghasilan dari hasil iuran murid-murid kalian ini. Meskipun mungkin tidak terlalu banyak jumlah yang diberikan oleh satu orang murid, tapi jika kalian memili banyak siswa yang ingin mendapatkan bimbingan belajar tentu total yang akan kalian hasilkan juga akan banyak.

Kalian juga bisa menambahkan pilihan fasilitas kursus privat kepada siswa kalian. Biaya jasa kursus privat tentu berbeda dengan kelas berjamaah yang berisi banyak siswa. Dari sini kalian juga bisa mendapatkan hasil tambahan yang lebih besar lagi nominalnya. Seiring berjalannya waktu nanti, siapa tahu usaha kalian ini bisa terus berkembang hingga akhirnya bisa menjadi satu lembaga bimbingan belajar resmi dengan jumlah siswa yang sangat banyak.

3. Jasa Menjahit

Jahit menjahit adalah salah satu keahlian yang akan sengat dibutuhkan sampai kapanpun. Bakat menjahit juga merupakan salah satu keahlian yang bisa dengan mudah dipelajari, siapapun bisa belajar menjahit asal ada kemauan.

Jasa ini termasuk satu bidang usaha jasa modal kecil dengan untuk besar yang cocok untuk kalian jalankan. Selain modal ketrampilan, kalian hanya membutuhkan satu set mesin jahit yang harganya pun tak terlalu mahal. 

Jika hasil jahitan kalian bagus, tentu akan banyak pelanggan yang mempercayakan baju atau pakaiannya untuk kalian jahit. Kalian juga bisa membuat desain pakaian sendiri, untuk kemudian kalian jual di pasaran. Salah satu produk dari usaha ini yang sedang ngetrend adalah membuat produksi jilbab dan konveksi. Sudah banyak para pemuda di sekitar kita yang bahkan sudah sangat sukses dan berhasil mendapat omset ratusan juta rupiah dari keahlian jahit menjahit ini.

4. Jasa Sablon kaos

Tak jauh berbeda dengan jasa jahit yang telah kita bahsa sebelumnya. Bisnis jasa sablon ini juga merupakan satu bisnis modal kecil dengan potensi keuntungan yang berlipat ganda. Kasa seorang penyablon kaos ini biasanya dibutuhkan untuk membuat kaos seragam suatu kelompok, sekolahan, dll yang jumlahnya lebih dari 1 kaos, bahkan bisa hingga ribuan. Bayangkan saja, jika satu proyek klaian bisa mendapatkan pesanan hingga ratusan atau ribuan kaos untuk seragam sekolah, atau seragam kelompok tertentu. Berapa jumlah omset yang akan kalian dapatkan hanya untuk satu pesanan saja?

Ilmu sablon juga sangat mudah untuk dipelajari. Di sekitar rumah kalian tentu juga ada banyak sekali tempat-tempat yang membuka jasa kursus menyablon kaos ini. Terkadang, pemerintah melalui Lembaga Pelatihan Kerja juga rutin membuka program khusus untuk kursus sablon. Carilah informasi mengenai ini. Jangan kalian lewatkan begitu saja peluang usaha yang menjanjikan tersebut.

5. Peluang Bisnis Budidaya

Kalianb para anak muda tentu memiliki banyak sekali waktu luang. Nah, ini bisa kalian manfaatkan untuk membangun bisnis kalian sendiri, seperti contohnya adalah bisnis budidaya atau peternakan hewan yang akan kita ulas berikut ini.

Budidaya Burung

Bisnis ini sangat cocok untuk kalian para pecinta burung. Tentu kalian sudah sangat tahu jika ada beebrapa jenis burung yang memiliki prospek bagus untuk ditangkarkan. Salah satu diantaranya adalah ternak burung love bird. 

Burung love bird adalah salah satu jenis burung yang banyak ditangkarkan. Hasilnya memang menjanjikan. Satu ekor burung Love Bird saja bahkan bisa dihargai hingga jutaan rupiah tergantung dengan jenis dan warna bulunya. 

Burung love bird juga sangat dikenal sebagai burung yang mudah perawatannya. Kita hanya perlu menyiapkan kandang dan pakan saja, tanpa harus ada perawatan khusus yang cukup sulit. Karena alasan itulah, mangapa burung jenis ini banyak diminati oleh para pengusaha budidaya burung ternak.

Budidaya Jangkrik

Budidaya jangkrik juga menjadi salah satu bisnis peternakan yang akhir-akhir ini banyak digandrungi. Hal ini dikarenakan semakin meningkatkan jumlah para peternak dan para pemelihara burung. Jangkrik banyak dibutuhkan untuk memberi pakan burung, baik burung peliharaan maupun burung ternak.

Untuk mengawali bisnis ini, kalian bahkan hanya perlu menyiapkan modal sebesar beberapa satus ribu rupiah saja. Hasilnya? Jangan tanya lagi! Kekuntungan yang kalian dapatkan akan berlipat-lipat. Hanya untuk satu kresek kecil jangkrik sjaa, harganya berkisar 5000 – 10000 rupiah.

6. Bisnis Online

Menjadi satu hal yang sangat disayangkan, jika di era digital seperti saat ini kalian tidak atau belum mengenal seluk beluk dunia internet marketing. Seperti namanya internet marketing adalah aktivitas pemasaran produk yang dilakukan dengan media internet. Inilah yang biasa kita kenal dengan bisnis online. 

Bisnis online sendiri bermacam-macam jenisnya, ada yang murni jual beli produk fisik maupun digital, adanya menjadi seorang publisher iklan melalui blog dan youtube, ada yang menjadi publisher di jejaring program affiliasi, dll. Untuk lebih jelasnya berikut ini secara singkat mari kita ulas sedikit tentang beberapa jenis bisnis online/internet marketing. 
  •  Dropshipper/Reseller

Bisnis dropshipper/reseller lumayan ngtrend bagi anak-anak muda saat ini. Bisnis ini dinilai yang paling gampang dan mudah untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan tanpa modal sama sekali. Tugas kita hanyalah untuk mempromosikan produk dari satu supplier hingga terjadi penjualan, dari penjualan ini kalian dapat mengambil keuntungan dengan membuat selisih harga dari harga yang telah ditetapkan oleh supplier.
  •  Blogger

Kalian yang jago nulis, peluang untuk menyalurkan hobi dan mendapatkan hasil dari internet terbuka lebar jika kalian salurkan hobi dan keahlian kalian tersebut ke dalam sebuah media blog. Setelah blog kalian mendapatkan banyak pengunjung, kaitkan blog dengan media periklanan seperti Google Adsense. Dari sana kalian akan mendapatkan pembayaran setiap ada aktivitas pengunjung yang melihat ataupun mengklik iklan pada blog kalian.
  •  Youtuber

Tak jauh berbeda dengan blog. Menjadi seorang youtuber juga salah satu piihan para pemuda sekarang ini. Jika pada sebuah blog klaian mengandalkan konten berbentuk artikel, pada youtube kalian harus membuat sebuah konten video. Jika video kalian menarik dan banyak ditonton oleh pengunjung youtube, maka akan semakin banyak pula kesempatan untuk kalian mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan serta aktivitas klik iklan yang dilakukan oleh para penonton video youtube kalian. Berkreasi di situs media sosial youtube juga menjadi salah satu peluang usaha untuk anak muda yang hingga kini sudah terbukti banyak menghasilkan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.